Regulasi dan Kebijakan

Informasi Umum

Deskripsi:

Manfaat Pensiun yang menjadi hak Peserta yang berhenti bekerja atau pensiun atau meninggal dunia secara garis besar adalah sebagai berikut:

  1. Manfaat Pensiun Normal adalah Manfaat Pensiun bagi Peserta, yang mulai dibayarkan pada saat Peserta mencapai Usia Pensiun Normal atau sesudahnya.
    • Rumus Manfaat Pensiun Normal: 2 1/3% x MK x PhDP, maksimum 80% PhDP.
  2. Manfaat Pensiun Dipercepat, Peserta berhak mengajukan Manfaat Pensiun Dipercepat, apabila pada saat pengajuannya telah berusia sekurang-kurangnya 45 (empat puluh lima) tahun dan telah berhenti bekerja.
    • Rumus Manfaat Pensiun Dipercepat: Nilai Sekarang x MP Normal.
  3. Manfaat Pensiun Cacat, Peserta yang berhenti bekerja karena Cacat, sesuai hasil pemeriksaan dokter yang disetujui oleh Pemberi Kerja, berhak mendapat Manfaat Pensiun Cacat.
    • Rumus Manfaat Pensiun Cacat: 2 1/3% x MK x PhDP, maksimum 80% PhDP dengan ketentuan MK dihitung seolah-olah peserta mencapai usia pensiun normal.
  4. Pensiun Ditunda, Peserta yang berhenti bekerja dengan masa kepesertaan sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun dan belum mencapai usia 45 (empat puluh lima) tahun, berhak atas Pensiun Ditunda. Manfaat Pensiun Ditunda dapat dibayarkan ke Peserta pada saat usia mencapai 45 (empat puluh lima) tahun atau dapat dialihkan kepada Dana Pensiun Pemberi Kerja lainnya, atau kepada Dana Pensiun Lembaga Keuangan.
    • Rumus Manfaat Pensiun Ditunda: Nilai Sekarang x MP Normal.
  5. Manfaat Pensiun Janda/Duda, dalam hal Peserta/Pensiunan meninggal dunia, maka Janda/Dudanya berhak menerima Manfaat Pensiun Janda/Duda.
    • Rumus Manfaat Pensiun Janda/Duda: 70% dari hak Peserta/Pensiunan.
  6. Manfaat Pensiun Anak, Manfaat Pensiun Anak diberikan kepada Anak apabila Peserta/Pensiunan meninggal dunia dan tidak mempunyai Janda/Duda, Janda/Duda meninggal dunia, atau Janda/Duda menikah lagi. Manfaat Pensiun Anak dibayarkan sampai Anak mencapai usia 21 (dua puluh satu) tahun dan diteruskan sampai Anak mencapai usia 24 (dua puluh empat) tahun dengan ketentuan Anak yang bersangkutan belum bekerja atau belum menikah.
    • Rumus Manfaat Pensiun Anak: 70% dari hak Peserta/Pensiunan.